5 Penyakit Santri Yang sering Terjadi yang Mau Mondok Harus Baca

5 Penyakit Santri Yang sering Terjadi yang Mau Mondok Harus Baca

Assalamualaikum Akhy wa Ukhty..

Alhamdulilah kita masih bisa ketemu lagi diartikel saya selanjutnya, nah kalo kemarin saya menjelaskan tentang Tips buat yang Mau Mondok nah.. pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan mengenai 5 penyakit santri yang sering terjadi, hihihi.. EITSSS.... jangan NEGATIF dulu penyakit ini bukanlah hal yang aneh, karna bukan hanya santri aja yang sering kena penyakit yang bukan santripun sering mengalami berbagai penyakit, nah nah nah,,, penyakit bagi santri adalah Cobaan dan Ujiaan dimana kesabaran dan keistiqomahan santri di ujicoba oleh Sang Maha Kuasa, apakah santri tersebut bisa sabara??? atau sebaliknya malah berhenti Mondok, dan betapa bahagia santri yang bisa tetap sabar dan istiqomah belajar serta mengaji di Pondok., Okey sahabat inilah deretan penyakit yang biasa terjadi dikalangan santri baik itu dzohir ataupun batin.

1. Penyakit Gak Betah



Diawali dengan penyakit yang sudah biasa terjadi ketika awal mondok, biasanya setiap santri baru yang  mondok sering nangis dan ngelamun dan ketika ditanya jawaban mereka adalah gak betah karna rindu orang rumah, hihihi sebenernya ini juga pengalaman saya hihihi selama satu bulan lamanya saya menangis dan banyak ngelamun hihi (curhat niyee) maklum aja sih kan masih bocah jadi belum dewasa, nah sebenarnya penyakit gak betah ini bukan hanya terjadi dikalangan santri aja, semua orang pun yang harus berkelana tinggal di lembur orang yah pasti diawalnya gak betah apalagi nyantri hihi tapi penyakit ini gak akan lama setelah para santri mengikuti berbagai kegiatan pondok dan belajar dengan giat insyaallah penyakit ini akan cepat berlalu.


2. Penyakit Dzohir



Nah penyakit betah hilang biasanya dalam tahap ujian santri biasanya disusul dengan penyakit dzohiriyah, dan itu berpareasi, ada yang kena penyakit Gatal - Gatal hihi tapi bukan berarti santri Zorok yah karna orang yang bersih sekalipun sering mengalami penyakit ini, ada juga santri yang sering mengalami Tipes mungkin karna efeck kedinginan karna biasanya pesantren terletak di tempat yang suhu udaranya dingin, nah supaya bisa terhindar dari tipes para santri biasanya memakai selimut dan zaket ketika hendak tidur, sebenarnya kalo berbicara penyakit dzohir pasti banyak ragamnya tergantung bawaan tubuhnya aja hihi.

3. Penyakit Akhir Bulan


Inilah dia penyakit bulanan yang sering dialami para santri hihi, penyakit akhir bulan biasanya dialami para santri yang belum bisa mengatur pengeluaran keuangan, banyaknya daftar keinginan diawal bulan membuat keungan sudah habis di pertengahan bulan sehingga para santri harus gigit jari selama 15 hari lamanya hihihii kasian... dan penyakit ini memiliki efeck yang berbeda beda ada santri memangfaatkan moment BOKE nya itu dengan berpuasa dan belajar disaat santri yang lain jajan ia gunakan waktu tersebut untuk menghafal talaran hihi.. tapi tak jarang juga efeck dari Boke ini malah berdampak negatif seperti jadi suka ngehutang ato malah gasab dan sirqoh hmmmm naudzubillah, nah makanya setiap para santri harus bijak dalam menggunakan uang agar bisa terhindar dari penyakit ini.

4. Penyakit Kebluk (malas) Belajar


Ini dia penyakit dadakan yang sering melanda santri, biasanya penyakit kebluk atau malas itu disebabkan karna terlalu banyak Main dan Makan hadeuh.. tak jarang juga penyakit ini timbul dari faktor penyakit tiga diatas, untulah disetiap pondok memiliki pengurus dan keamanan yang akan mengajak dan mengdisiplinkan santri yang malas dan akhirnya penyakit inipun akan hilang hihihi ( takut di ta'zir)


5. Penyakit Cinta


Hah.... ternyata ada juga penyakit ini.. hihi biasanya ketika sudah numayan lama mondok penyakit ini melanda membuat sang penderita merana dan galau akibatnya bisa fatal hihi sukur sukur kalo membuat semangat tapi jarang banget kebanyakanya malah sebaliknya timbul rasa malas dan yang parah ampe terjadi hal hal yang tidak diinginka hihi kayaknya harus extra sabar dalam menghadapi penyakit ini, sebagian pribahasa ada yang mengatakan "selangkah menuju cinta, maka ia telah mendur seribu langkah dari cita cita" mengerihkan ,, hihi sabar aja nantikan dirinya dibatas waktu ada tips dari aang azeet untuk yang punya hubungan jarak jauh atau l.d.r klik disini


Nah sahabat itulah deretan penyakit yang sering dialami para santri keep calm insyallah semua akan bisa kita jalani ,,, amiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantun Vareasi Dakwah Bahasa Sunda

Pribahasa Sunda dan Artinya

Pantun Dakwah dan MC bahasa Sunda